Selasa, 07 Agustus 2012

silabus agama hindu sma kelas 1


Nama sekolah                            : SMA N I WAIKABUBAK
Mata pelajaran                          : Pendidikan Agama Hindu
Kelas/ semester                          : X/1
STANDAR KOPETENSI       : Sejarah Agama Hindu (memahami sejarah perkembangan agama hindu di india dan negara-negara lainnya
Alokasi waktu                            : 10x45 menit

Kompetensi Dasar

Materi pokok/pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

indikator

penilaian

Alokasi waktu

Sumber belajar

1.1.  Menjelasknan perkembangan  agama Hindu di India

·         Perkembangan agama Hindu pada zaman weda

  • Perkembaangan agama Hindu pada zaman brahmana
  • Perkembngan agama Hindu pada zaman upanisad

·         Mencari dan menggali sumber informasi mengenai perkembangan agama Hindu di India

·         Mencari  dan menggali sumber informasi mengenai perkembangan agama Hindu pada zaman weda

·         Mencari dan menggali sumber informasi mengenai perkembangan agama Hindu pada zaman weda

·         Mencari dan menggali sumber informasi mengenai perkembangan agama Hindu pada zaman upanisad

  • Mengindentifikasi perbedaan yang menonjol yang menjadi ciri khas zaman weda, zaman brahmana, zaman upanisad

·         Memaparkan awal mula agama Hindu di India

  • Memaparkan sejarah perkembangan agama Hindu pada zaman Weda
  • Memaparkan sejarah perkembangan agama Hindu pada zaman Brahmana
  • Memaparkan sejarah perkembangan agama Hindu pada zaman Upanisad
  • Menyimpulkan perbedaan yang menonjol yang menjadi ciri khs zaman Weda, zaman Brahmana, zaman Upanisad

Tes lisan, tes tertulis, tugas

2 x 45 menit

·         Buku sejarah india

  • Buku sejarah agama Hindu
  • Buku sejarah Indonesia
  • Buku pelajaran agama Hindu kelas X
  • Buku sejarah dunia

1.2.  Menjelaskan perkembangan agama Hindu di negara lain

·         Pengaruh agama Hindu di negara lain (asia tenggara)

·         Menggali informasi perkembangan Agama Hindu di Asia Tenggara(bangkok, tiongkok)

·         Memaparkan sejarah perkembangan Agama Hindu di bangkok dan Tiongkok

Tes lisan, tes tertulis, tugas

2 x 45 menit

 

1.3.Mengambil hikmah dari perkembangan agama Hindu di India dan negara lainnya

·         Perkembangan agama Hindu di Bangkok dan Tiongkok

·         Menggali sumber informasi mengenai perkambangan agama Hindu di Bangkok dan Tiongkok

·         Memaparkan pengaruh perkembangan agama Hindu di Bangkok dan Tiongkok

Tes lisan, tes tertulis, tugas

2 x 45 menit

·         Buku sejarah india

  • Buku sejarah agama Hindu
  • Buku sejarah Indonesia
  • Buku pelajaran agama Hindu kelas X
  • Buku sejarah dunia

1.4.Menunjukkan bukti-bukti peninggalan sejarah perkembangan agama Hindu di India dan negara lain


·         Urutan kejadian perkembangan Agama Hindu di India, Bangkok dan Tiongkok

  • Bukti-bukti peninggalan sejarah Agama Hindu di India, Bangkok dan Tiongkok

·         Presentasi/seminar kesil tentang bukti-bukti peninggalan sejarah Agama Hindu di India dan Bangkok dan Tiongkok

  • Menunjukan dalam peta dunia  bukti-bukti peninggalan sejarah Agama Hindu di India, Bangkok dan Tiongkok

·         Menunjukan hikmah kejayaan Agama Hindu di  Bangkok dan Tiongkok

  • Menunjukan bukti-bukti peninggalan kejayaan  Agama Hindu di Bangkok dan Tiongkok

Tes lisan, tes tertulis, tugas

2 x 45 menit

 

  












Nama sekolah                            : SMA N I WAIKABUBAK
Mata pelajaran                          : Pendidikan Agama Hindu
Kelas/ semester                          : X/1
STANDAR KOPETENSI       : Memahami kepemimpinan menurut nitisastra
Alokasi waktu                            : 12 x 45 menit


Kompetensi Dasar

Materi pokok/pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

indikator

penilaian

Alokasi waktu

Sumber belajar

2.1  Menjelaskan tipe-tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra

 

·         Catur Kotamaning Nrpati











  • Tri Upaya Sandi

·         Mencari sumber dan informasi mengenai defenisi Catur Kotamaning Nrpati

  • Menjelaskan  bagian  Catur Kotamaning Nrpati
  • Menjelaskan ciri-ciri kerakteristik tipe-tipe kepemimpinan menurut  Catur Kotamaning Nrpati



·         Mencari sumber dan informasi mengenai defenisi Tri Upaya Sandi

  • Menjelaskan  bagian  Tri Upaya Sandi
  • Menjelaskan ciri-ciri kerakteristik tipe-tipe kepemimpinan menurut  Tri Upaya Sandi

·         Mendefenisikan pengertian  Catur Kotamaning Nrpati

·         Menyebutkan bagian-bagian  Catur Kotamaning Nrpati

·         Menjelaskan bagian-bagian  Catur Kotamaning Nrpati

·         Menguraikan ciri karakteristik tipe-tipe kepemimpinan menurut  Catur Kotamaning Nrpati


·         Mendefenisikan pengertian Tri Upaya Sandi 

·         Menyebutkan bagian-bagian Tri Upaya Sandi

·         Menjelaskan bagian-bagian Tri Upaya Sandi

·         Menguraikan ciri karakteristik tipe-tipe kepemimpinan menurut Tri Upaya Sandi

Tes lisan, tes tertulis, tugas










Tes lisan, tes tertulis, tugas

2 x 45 menit

·         Buku Niti sastra

  • Buku Manawadharma sastra
  • Buku Ramayana
  • Buku sarassamuscaya
2.2  Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra

 

·         Kelebihan dan kekurangan tipe-tipe kepemimpinan menurut Niti Sastra

·         Menjelaskan kelebihan dan kekurangan kepemimpinan catur kotamaning nrpati, tri upaya sandi

·         Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kepemimpinan catur kotamaning nrpati , tri upaya sandi

Tes lisan, tes tertulis, tugas

2 x 45 menit

·         Buku Niti sastra

  • Buku Manawadharma sastra
  • Buku Ramayana
  • Buku sarassamuscaya
  • VCD
2.3  Merumuskan kepemimpinan yang ideal menurut Niti Sastra

 

·         Kepemimpinan yang ideal menurut Niti Sastra

·         Mendiskusikan dan menyimpulkan kepemimpinan yang ideal

·         Menunjukan kepemimpinan yang ideal

Tes lisan, tes tertulis, tugas

2 x 45 menit

 

2.4  Menteladani figur pemimpin yang telah mempraktekkan ajaran kepemimpinan Niti Sastra

·         Tokoh-tokoh Hindu yang mempraktekkan  ajaran kepemimpinan Niti Sastra

·         Tanya jawad/presentasi tentang tokoh-tokoh Hindu yang memperaktekkan ajaran kepemimpinana Niti Sastra

  • Bermain peran tentang tokoh Hindu dalam Niti Sastra

·         Menyimpulkan kepemimpinn yang mana saja yang ideal menurut Niti Sastra

  • Mengenal tokoh-tokh Hindu yang memperaktekkan ajaran kepemimpinan menurut Niti Sastra
  • Menunjukan karakter tokoh-tokoh pemimpin Hindu dalam Niti Sastra

Tes lisan, tes tertulis, tugas

2 x 45 menit

 







Nama sekolah                            : SMA N I WAIKABUBAK
Mata pelajaran                          : Pendidikan Agama Hindu
Kelas/ semester                          : X/1
STANDAR KOPETENSI       : memahami tatacara persembahyangan
Alokasi waktu                            : 6 x45 menit

Kompetensi Dasar

Materi pokok/ pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

indikator

penilaian

Alokasi waktu

Sumber belajar

3.1    Menguraikan pengertian, tujuan  dan makna persembahyangan

 

·         Pengertian, tujuan dan makna persembahyangan

·         Diskusi/tanya jawab tentang pengertian, tujuan dan makna persembahyangan

·         Menyebutkan pengertian dan tujuan persembahyangan

  • Menjelaskan mkana persembahyangan

Tes lisan, tes tertulis,

2 x 45 menit

·         Buku pelajaran agama Hindu kelas X SMA

  • Buku persembahyangan
  • Buku kramaning sembah
  • Buku doa sehari-hari menurut Hindu

3.2   Melafalkan mantra-mantra sembahyang

 

·         Mantra tri sandya

  • Melafalkan mantra kramaning sembah
  • Makna mantra tri sandya dan kramaning sembah

·         Melafalkan mantra-mantra puja tri sandya dan kramaning sembah

  • Menjelaskan arti dan makna puja tri sandya dan kramaning sembah

·         Melafalkan mantra puja tri sandya

  • Melafalkan mantra kramaning sembah
  • Menjelaskan makna mantra tri sandya dan karamaning sembah

Tes lisan, tes unjuk kerja

2 x 45 menit

 

3.3. Melaksanakan sembahyang sesuai dengan tata cara yang benar

 

·         Tata cara persembahyangan

·         Melaksanakan sembahyang dengan tata urutan yang benar

  • Melaksanakan sembahyang kramaning sembah dengan menggunakan sarana utama

·         Melakukan kegiatan sembahyang dengan tata cara yang benar

Tes unjuk kerja

2 x 45 menit

 





Nama sekolah                            : SMA N I WAIKABUBAK
Mata pelajaran                          : Pendidikan Agama Hindu
Kelas/ semester                          : X/1
STANDAR KOPETENSI      : Memahami perhitungan hari-hari suci menurut hindu
Alokasi waktu                            : 8 x45 menit

Kompetensi Dasar

Materi pokok/ pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

indikator

penilaian

Alokasi waktu

Sumber belajar

4.1  Menentukan hari-hari suci menurut Hindu

·         Hari suci agama Hindu

·         Mendifinisikan pengertian hari suci keagamaan

  • Menjelaskan dasar perhitungan hari suci
  • Menjelaskan dasar pelaksanaan hari  suci agama Hindu
  • Menjelaskan pengertian hari suci keagamaan
  • Menjelaskan dasar perhitungan hari suci
  • Menjelaskan dasar pelaksanaan hari suci agama Hindu

Tes lisan, tes tertulis, tugas

2 x 45 menit

  • Buku wariga
  • Kalender Hindu
  • Buku perlajaran agama Hindu kelas X
 4.2  Menunjukkan cara-cara menentukan hari-hari suci berdasarkan perhitungan Hindu (wuku dan sasih)

  • Cara-cara menunjukan hari-hari suci berdasarkan perhitungan Hindu (wuku dan sasih)
  • Mendemonstrasikan cara-cara menentukan hari suci
  • Menghitung dengn benar perhitungan hari-hari suci menurut Hindu
  • Memahami cara mencari/memperhitungkan baik buruknya dewasya
  • Mengelompokkan hari suci berdasarkan:
-          Tri wara dan panca wara
-          Panca wara dan sapta wara
-          Pawukon
-          Sasih

Tes lisan, tugas

4 x 45 menit

 

4.3  Menentukan baik-buruknya hari berdasarkan perhitungan Hindu

 

·         Baik buruknya hari berdasarkan perhitungan Hindu

  • Berlatih mencari hari baik dan buruk  menurut perhitungan wewaran

·         Mencari baik buruknya (hala yuning) dewasya

Tes lisan, tugas

2 x 45 menit

 





Nama sekolah                            : SMA N I WAIKABUBAK
Mata pelajaran                          : Pendidikan Agama Hindu
Kelas/ semester                          : X/1i
STANDAR KOPETENSI      :  Memahami sifat-sifat Tri Guna dan Dasa Mala
Alokasi waktu                            : 14x45 menit

Kompetensi Dasar

Materi pokok/ pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

indikator

penilaian

Alokasi waktu

Sumber belajar

5.1  Menguraikan pengertian Tri Guna dan Dasa Mala

 



·         Pengertian tri guna dan dasa mala

·         Diskusi/tanya jawab tentang  pengertian tri guna dan dasa mala

  • Menjelaskan  pengertian tri guna dan dasa mala

Tes lisan, tes tertulis

2 x 45 menit

  • Buku pelajaran kelas X SMA
  • Buku tata susila
  • Bhagawadgita
  • Sarassamuscaya
  • Manawadharmasastra
  • Buku pengendalian diri
5.2  Menjelaskan bagian-bagian Tri Guna dan Dasa Mala

 

  • Bagian-bagian Tri Guna dan Dasa Mala
  • Perbedaan  bagian-bagian Tri Guna dan Dasa Mala
·       Diskusi/tanya jawab tentang  bagian-bagian Tri Guna dan Dasa Mala dan contoh-contohnya
·      Menjelaskan bagian-bagian Tri Guna dan Dasa Mala
·      Menyebutkan  bagian-bagian Tri Guna dan Dasa Mala
·      Membedakan  bagian-bagian Tri Guna dan Dasa Mala
·      Memberi contoh  bagian-bagian Tri Guna dan Dasa Mala

Tes lisan, tes tertulis

2 x 45 menit

 

5.3  Mengidentifikasi pengaruh Tri Guna dan Dasa Mala terhadap kepribadian manusia

·         Pengaruh tri guna dan dasa mala terhadap kepribadian manusia

  • Diskusi/ tanya jawab tentang pengaruh triguna dan dasa mala terhadap kepribadian manusia

·         Menunjukan berbagai tipe temperamen seorang berdasarkan dominasi salah satu guna

  • Mengidentifikasi pengaruh-pengaruh buruk terhadap ajaran dasa mala

Tes lisan, tes tertulis

4 x 45 menit

 

5.4  Menunjukkan contoh-contoh perilaku yang dipengaruhi oleh Tri Guna dan Dasa Mala

·         Pengaruh tri guna dan dasa mala terhdap prilaku manusia

·         Diskusi/tanya jawab/seminar kecil tetang pengaruh tri guna dan dasa mala terhadap prilaku manusia

  • Mencari sloka dalam  kitab suci yang berhubungan  dengn tri guna dan dasa mala
  • Mengamati gamabar prilaku manusia yang mencerminkann ajaran tri guna dan  dasa mala

·         Mengklasifikasikan prilaku yang dipengaruhi oleh tri guna

  • Mengklasifikasikan prilaku yang dipengaruhi oleh dasa mala
  • Menunjukan pada gamabar manusia berprilaki tri guna dan dasa mala

Tes lisan, tes tertulis

4x45 menit

·         Nara sumber

  • Buku etika
  • Pengendalian diri
  • Tata susila
  • Inti sari ajaran  hindu
  • Upadesa
5.5  Melakukan upaya-upaya untuk menghindari pengaruh Dasa Mala

·         Ajaran pengendalian diri

·         Presentasi tentang ajaran pengendalian diri

  • Saran dan praktek melakukan brata dan upwasa pada hari-hari tertentu

·         Memahami ajaran pengendalian diri

  • Menerapkan ajjaran pengendalian diri

Tes pengamatan tes prilaku tes tertulis tugas

2 x 45 menit

 















Nama sekolah                            : sma n i waikabubak
Mata pelajaran                          : pendidikan agama hindu
Kelas/ semester                          : X/1
STANDAR KOPETENSI   :  Memahami struktur, hakikat dan pelestarian kesucian tempat suci
Alokasi waktu                            : 6x45 menit

Kompetensi Dasar

Materi pokok/ pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

Indikator

penilaian

Alokasi waktu

Sumber belajar

 6.1  Menguraikan struktur dan hakikat tempat suci

·         Struktur tempat suci

  • Hakekat/fungsi tempat suci

·         Melihat gambar serta menjelaskan struktur dan hakekat tempat suci

  • Menyebutkan struktur tempat suci
  • Menjelaskan hakekat tempat suci

Tes lisan, tes tertulis

2 x 45 menit

  • Buku pelajaran agama Hindu kelas X SMA
  • Gambar tempat suci menurut daerah indonesia dan india
  • Buku pedoman pembangunan tempat suci
  • Buku bacaan dan pelajaran SMA kelas X
  • Buku Bisama PHDI
  • Majalah Hindu
6.2  Menggambarkan struktur tempat suci menurut daerah setempat  

 

  • Bentuk dan jenis tempat suci menurut daerah setempat
  • Fungsi dan makna tempat suci menurut daerah setempat
  • Membuat gambar diskusi/diskusi tentang bentuk, jenis, fungsi, dan makna tempat suci menurut daerah setempat
  • Tanya jawab tentang fungsi dan makna tempat suci menurut daerah setempat
  • Membuat sketsa susunan tempat suci menurut daerah setempat
  • Menjelaskan fungsi dan makna susunan tempat suci menurut daerah setempat

Tes lisan, tugas, unjuk kerja

2 x 45 menit

6.3  Melakukan upaya-upaya pelestarian kesucian tempat suci

 

·         Bisama kesucian pura

  • Upaya-upaya melestarikan tempat suci
  • Diskusi/tnya jawab tentang isi bisama kesucian pura dn upaya melestarikan kesucian tempat suci

·         Menyebutkan isi bisama kesucian pura

  • Melaksanakan upaya-upaya untuk melestarikan kesucian tempat suci

Tes lisan, tes tertulis

2 x 45 menit





























NAMA SEKOLAH                  : SMA N I WAIKABUBAK
MATA PELAJARAN              : PENDIDIKAN AGAMA HINDU
Kelas/ semester                          : X/1i
STANDAR KOPETENSI       : Memahami Atman sebagai sumber hidup
Alokasi waktu                            : 8x45 menit

Kompetensi Dasar

Materi pokok/ pembelajaran

Kegiatan pembelajaran

indikator

penilaian

Alokasi waktu

Sumber belajar

7.1  Menjelaskan pengertian dan fungsi Atman 




·         Pengertian dan fungsi atman

·         Mengamati dan menjelaskan  tentang ataman

  • Menjelaskan pengertian atman
  • Menyebutkan fungsi atman

Tes tertulis

2 x 45 menit

  • Buku panca sraddha
  • Bhagawadgita
  • Upadesa
  • Buku pelajaran SMU kelas X
  • Brahma sutra
7.2  Menguraikan sifat-sifat Atman

 

  • Sifat-sifat atman
  • Diskusi/tanya jawab tentang sifat-sifat atman
  • Menggali sumber sifat-sifat atman dalam kitab Bhagawadgita
  • Membedakan antara badan dan atman
  • Mejelaskan sifat-sifat atman

Tes lisan, tes tertulis, tugas

2 x 45 menit

 

7.3  Menjelaskan hubungan Atman dengan Brahman

·         Sifat-sifat Brahman

  • Prinsip dasar hubungan atman dengan Brahman
  • Diskusi/ tanya jawab  tentang hubungan atman dengan Brahman

·         Menghubungkan sifat-sifat atman dengan sifat-sifat Brahman

  • Menguraikan prinsip-prinsip dasar hubugan tman dengan Brahman

Tes tertulis

4 x 45 menit

 












 











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar